Langsung ke konten utama

Asal mula tanda baca

1.    Tanda Tanya

Pada awalnya, dalam bahasa latin, untuk mengindikasikan pertanyaan, orang harus menuliskan kata "Questio" di akhir kalimat untuk menandakan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tanya. Maka untuk menghemat tempat, kata tersebut akhirnya disingkat menjadi qo, yang kemudian dimampatkan lagi menjadi huruf q kecil di atas huruf o, yang akhirnya makin lama makin habis menjadi titik dan garis mirip cacing, persis seperti tanda tanya kita sekarang.

2. Tanda Seru

Seperti tanda tanya, awalnya juga dimulai dengan menumpuk huruf. Tanda ini berasal dari kata dalam bahasa Latin "io" yang berarti "seruan kegembiraan". ketika huruf i ditulis di atas huruf o, lama-lama dipersingkat seperti tanda seru kita sekarang ini.

3. Tanda Sama Dengan

Ditemukan oleh ahli matematika Inggris Robert Recorde pada 1557, dengan pemikiran seperti ini (dalam bahasa Inggris kuno) "I will settle as I doe often in woorke use, a paire of paralleles, or Gmowe [i.e., twin] lines of one length, thus : , bicause noe 2 thynges, can be more equalle." atau terjemahannya: "Aku akan menggunakan tanda ini seperti biasanya, sepasang garis sejajar, atau kembar dengan panjang yang sama, karena tidak ada dua hal lagi yang bisa lebih sama dengan dua garis sejajar ini." Tanda sama dengan asli temuan Robert setidaknya 5 kali lebih panjang dari yang kita kenal sekarang.

4. Ampersand (&)

Simbol ini adalah bentuk stilir dari "et" dalam bahasa Latin yang berarti "Dan." Tanda ini ditemukan oleh Marcus Tullius Tiro, seorang penulis dari abad pertama di Roma. Nama Ampersand baru diberikan setelah 17 abad kemudian. Pada awal 1800-an, murid sekolah belajar simbol ini sebagai huruf ke 27 setelah Z, tapi masih tanpa mana. Jadi di awal 1800-an ini mereka belaar ABC dengan "and per se, and" yang berarti "&" dan kemudian karena saking cepatnya dibaca, akhirnya menjadi "ampersand".

5. Octothorp(#)

Nama aneh untuk tanda penomoran ini datang dari kata "Thorpe", kata dalam bahasa Normandia Kuno untuk desa atau tanah pertanian yang sering ditemui dalam bahasa Inggris untuk nama tempat. AWalnya digunakan untuk pembuatan peta, yang berarti desa yang di kelilingi delapan pertanian. Karena delapan (octa) dan pertanian (thorpe), maka muncul nama ini, Octothorp.


sumber:gue lupa -_- tapi ini bukan tulisan gue :p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jaman Bocah

Waktu sd tuh, eh gue pernah cerita kan ya? kalo punya geng namanya geng mars? Iya geng gue yang terdiri dari 3 cewe 2 cowo #eaaa. I miss them. huaaaa really.
Salam.Iwik.Yogi.Ega. sebenernya gue kangen semua temen sd gue. Tapi mereka spesial :) apalagi egak sama iwik xoxo! WQ dan kelas Aksel di As-shofa are the best class ever! kelas yang di jenjang yang lain sih seru cuma, 2 kelas ini yang bener-bener gue sayang mwack! xoxoxo!

how about this?

I know something happens. I just know. Maybe I'm wrong *amin* but for now, I just do believe something happens. It hurts so damn much to accept the suddenly changes of someone. So I'm waiting for the change-back. I hate this situation, really. I don't get what's "us". This situation that insisted me to act like I don't care like nothing happen. Nevertheless, it's not as easy as I said. It doesn't feel as nothing-happen as it seems. So, for the changes back of him, I wait and pray.




NB:ini bukan curhatan sama sekali. #bukankode #benerandeh

12 dan penyimpangannya! :D

12 itu bukan nama suatu kabinet pemerintahan gitu ya-_- ini tulisan gue juga bukan tugas dari guru hahahaha. Jadi, 12 itu adalah sekumpulan orang gila tapi cerdas *yekali. Kita tuh temenan ber-12. Ada Ilham♥gue♥ryan,pamela,ahad,geger,aming,efem,abang,dhenise,arka,kadek. Kita sering banget jalan kemana gitu. Tapi kadang nggak lengkap 12 sih, cuma fine fine aja kok tetep seruuuu. Karena, semua orang di 12 itu nyenengin :D Tapi 12 kalo lagi pergi bareng WQ tuh selalu melakukan penyimpangan. Nih buktinya:
1. BKUI
semua orang yang pergi ke BKUI (mau Wq yang lain atau temen-temen kelas lain yang pada kesana) pulang