Philippines, Finding a New Family.

Philippines. AIESEC. My Ambition.
Pertama berangkat ke filipin was my first abroad experience. It was terrifying hahaha. CUPU. Ya di pesawat sendiri terus agak kagok juga englishnya. Jadi selama dari SHIA ke KLIA okedeh masih ada bahasa melayunya. English dengan accent yang sama, I'm fine. Tapi dari KLIA ke NAIA, man that was something. Udahlah flight sore, terus sampe NAIA udah malem. Pas sampe, ditanya mas mas imigrasi sana "mau kemana?" terus hah hoh hah hoh doang *gak deng* "gue jawab mau volunteering." dia tanya lagi "dimana?" gue jawab dong "ke My Children House of Hope" dia tanya lagi "apaan tuh?" LAH? oke gue elaborasi sedikit, terus dibolehin masuk. Beli SIMCard HP sana yang mirip telkomsel for 100 peso. Mahal yak, tapi udah sekalian paket internet dan pulsa sih. Hampir semua operator jualan di international arrival ini soalnya sasarannya turis yang butuh nomor telepon filipina. Sampe sana dijemput oleh anak AIESEC yang baik hati. Jadi jarak NAIA ke EP House gue tuh kaya dari SHIA ke jakarta selatan gitu deh kira-kira.



Ok kaya yang gue udah cerita ya disini, EP House ada siapa aja. EP House nya diurus oleh Marlon yang baik banget bantuin kita nyari public transportation. Atau bantuin kita bikin plan weekend gateaway yang murah. Pokoknya semua dibantu sama dia urusan rumah tangga di EP House ini. Ohiya, rumahnya si Kuya Marlon ini sering banget dijadiin EP House sampe dia punya grup Facebook yang berisikan mantan penghuni EP House dari program-program sebelumnya. This house usually called Jersey House (because it is in Jersey North area, duh!). Menjalin silaturahmi yang baik bukan? tiap ulang tahun di tulisin di grup itu "Happy Birthday and wyatb" gitu lah pokoknya, baik banget dia. Cuma gue takut sama anjingnya dia yang meskipun cilik tapi benci banget sama gue :( apa salahku, anjing? Tapi overall Jersey House is a nice place to come back to karena orang-orang pas term gue juga baik-baik banget.

Setiap hari dari EP House ke MCHH naik tricycle dari EP House ke SMNorth. dari SMNorth naik Jeepney tujuan Lagro 15 peso. Kalo pulang, jajan dulu pasti sama Fendra dan Lan ke SM North. Beli ayam panggang seekor 40 peso terus dimakan gitu aja kaya makan chiki. Beli eskrim 10 peso banyak dan enak! Terus jajan disekeliling SMnorth dari terminal jeepney ke tricycle itu banyaaaaak banget. Ada juice, ada french fries, ada telur digoreng pake tepung (I don't know the name). Enak-enak cyin. Belom lagi makanan kalo mau ke FTI, jadi kaya ada warteg (gue lupa namanya, ya masa warung tegal-_-) gitu jual chicken adobo cuma 30 peso! khas bgt filipina (which is basically ayam semur) jadi gue hampir tiap hari makan itu mulu. Nggak tiap saat sih tp kaya perbandingan makan 3 kali yg 2 kalinya ya itu makan adobo :(  terus jual shawarma juga dimana pas gue beli, makannya belecetan jadi kena gitu ke kerudung memang dasar amatir dan norak.

Jadi weekend pertama gue habiskan dengan sabina dan fendra yang kangen suasana lebaran di Indonesia karena mereka udah duluan sampe ke Filipina, jadi mereka lebaran di Filipina. Nah, karena kangen akhirnya mereka memutuskan nyari makanan Indonesia yang ternyata ada tuh warung Indonesia di daerah Makati. Oke kita jalan tuh ke Makati, naik LRT terus jalan dikit nanya-nanya dan nyasar hahahaha. Tapi pas ditengah lagi kesasar gitu, kita memutuskan "Apa ke KBRI aja ya? lagian warungnya deket KBRI jadi siapa tau orang KBRI tau" ok fix kita ke KBRI. Pas nyampe KBRI, ternyata memang rejeki anak soleh dan solehah, pak satpamnya bilang pas kita nunjukin KTP aja biar bisa masuk "oh kalian mau ke acara halal bihalal ya?" lagi ada acara halal-bihalal! Seneng banget dong. Selain karena makanan Indonesia yang tadinya mau kita beli di warung Indonesia seharga 400 peso ada di acara itu dan gratis, kita juga ketemu para diaspora yang ada di Filipina. Ada yang lagi ambil master, ada yang kerja jadi perawat, ada yang kerja di kantoran dan kita jadi banyak mendengarkan cerita tentang gimana sebenernya kehidupan sebagai seorang diaspora. OHIYA, highlight, kita juga ketemu dengan Dubes Indonesia untuk Filipina bapak Johny Lumintang. Gue, Fendra dan Sabina tentunya foto-foto dengan pak Johny dan tulisan "KBRI Filipina" dengan noraknya karena kita amaze dengan kejadian yang tidak terduga hari itu hahaha.

Oke, pulang dari KBRI, di stasiun LRT deket SMNorth itu banyak yang jual makanan kaya nanas garem, gorengan in a stick (lupa namanya), sama balut! Hari itu gue dan fendra sebagai anak sotoy memutuskan to not be a coward and just try the damn balut already. Akhirnya kita beli 2. Sampe ke Jersey House kita heboh banget di dapur siap-siap mau makan balut (ya emang selebay itu) ambil piring, siapin minum, ambil milo karena takut enek makannya. Percobaan memakan balut ini di bimbing oleh master balut Sabina yang udah makan balut 2 kali dan reaksinya dia cuma "biasa aja ah makan ini ya gitu kaya makan telur mentah tapi ada kaki bebeknya" -_- setelah kita heboh banget takut buat makan akhirnya cuma kemakan 1 buah balut yang dikupas dan ditaro dimangkok terus bagi dua buat gue dan fendra hahaha. CUPU. Tapi at least gue taulah rasanya balut gimana dan nope, not my kind of food.

Ohiya, setelah tidak menemukan jadwal yang cocok, akhirnya ketemu juga jadwal dimana semua anak Jersey House bisa jalan-jalan dan kita memutuskan buat ke Intramurros. Intramurros itu adalah sebuah area yang dikelilingi tembok pembatas. Intra = within, murros = the walls, so you get the gist right? Ini adalah area bekas penjajahan jaman dulu yang dijadikan museum. Didalemnya kita harus naik tricycle sepeda (becak) atau jalan kaki. Tentu saja sebagai sobat hemat kita memilih jalan kaki biar bisa berhenti dan liat-liat toko sekitarnya. Jadi didalem intramurros ini ada beberapa museum dan toko-toko yang berjualan, makanya lebih enak kalo jalan kaki sambil santai. Adi, Lan, Phillip, Jenny, Katie, Fendra dan gue keliling-keliling intramurros dengan diceritain Adi tentang sejarah. Ini si Adi pengetahuannya oke juga, padahal doi juga pendatang. Eh ternyata dia udah pernah ke Intramurros sebelumnya sama orang-orang NGO nya dia-_-

2 minggu sebelum semuanya pulang, Jersey House Gang memutuskan buat liburan. Sebenernya yang mau liburan awalnya cuma Gue, Fendra dan Lan. si Adi sama Julie tuh mau ke Cebu Island. Sobat hemat seperti gue dan fendra tentu saja memutuskan buat liburan ke Puerto Galera aja yang ada di seberang Manila dikit. Akhirnya cuma Julie yang ke Cebu dan the rest of Jersey House Gang ngikut gue dan fendra ke Puerto Galera. Kita berangkat pagi banget (untuk ukuran Adi) jam 4.30, biar dapet kapal yang enak dan nyampe Puerto Galera gak sore-sore banget. Awalnya kita harus naik bis dulu ke Batangas Pier, abis itu beli tiket kapal yang harus hati-hati karena banyak calo dengan harga variatif. Langsung aja ke loket tiket pasti dapet kok, harganya juga mulai dari 100-300 peso oneway. Abis naik kapal, nyampe deh ke Puerto Galera. Berbekal kesotoyan kita semua gak tau mau nginep dimana hahaha, yaudah jalan nyari penginapan yang terjangkau terus gue tawar aja 1 kamar buat 7 orang dengan harga dari 1000 peso jadi 700 peso, hebat bukan gue? Please personally contact me to know how to bargain with english (my part) and tagalog (the villa owner) as the main language hahaha. Iya, 1 kamar aja 2 malam buat 7 orang yang akhirnya tidurnya kaya sarden :)  ya namanya liburan, bukan buat tidur ah *mencoba lapang dada* Itu selam liburan drama abis, mulai dari mau snorkeling tp gabisa-bisa karena ujan, sampe bingung mulu mau makan dimana. Malemnya kita ke bar pinggir pantai dan enjoying life. Lalu ada pesan dari Kuya Marlon yang myuruh kita nyobain pizza diatas bukit diujung Puerto Galera. Karena fendra gak mau jadinya gue berdua Lan doang and man! the place was so cozy, the pizza is yummy, the owner is homie! hahaha ternyata ownernya adalah italian guy yang udah lama pindah ke Puerto Galera so the pizza sauce is kind of family recipe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar